Senin, 30 Juni 2008

Kado Buat FISIP

Tahun adalah cermin, kata Goenawan Mohammad dalam salahsatu artikel caping yang pernah saya baca. Ya, bercermin karena tiap tahun -entah manusia atau sesuatu yang lain- bertambah tua umurnya. Kemudian kita melihat diri jauh ke dalam cermin, sudah berapa banyak uban atau garis-garis raut di wajah bertambah. Atau malah kita melihat ada sesuatu yang hilang atau berkurang dalam fisik kita?

Cermin juga berarti tempat mengevaluasi diri, koreksi diri terhadap sesuatu yang telah dilakukan. Capaian apakah yang telah didapat? Capaian apakah yang belum didapat atau yang sedang dalam proses pencapaian? Atau capaian itu sudah sesuai dengan cita-cita awal atau malah melenceng jauh?Artinya: ada yang belum selesai di sini.

Inilah yang membuat saya tergelitik untuk menuangkan kegelisahan dan kegilaan saya terhadap pertanyaan-pertanyaan itu dalam bentuk berbeda. Ya, kali ini intinya saya mau kasih kado buat FISIP UAJY. Untuk ultahnya yang ke-17 pada 3 Juli 2008 nanti.

Kegelisahan dan kegilaan ini saya ungkapkan dalam bentuk komik. Awal mulanya cuma iseng-iseng menggambar. Eh, malah keterusan dan menjadi kumpulan kertas-kertas bergambar yang jumlahnya 17 lembar.


Komik ini berjudul RK'mics! Dinamakan begitu karena proses pembuatannya dilakukan di Ruang Kemahasiswaan (RK) FISIP UAJY. Di komik ini saya membuatnya dalam dua bagian: FISIP UAJY Saat Ini dan Kehidupan Anak-Anak RK.(di-klik aja gambarnya biar gede)

Bagian FISIP UAJY Saat Ini menggambarkan kegelisahan pribadi terhadap fenomena/peristiwa yang ada di FISIP UAJY. Entah ini kegelisahan saya saja atau teman-teman, saya cuma mencoba menghadirkan realitas yang ada di FISIP. Inilah manifestasi saya atas pertanyaan-pertanyaan di atas tadi. Coret-coretan gambar, tokoh yang menyampaikan pesan dan balon kata yang saya goreskan pada selembar kertas putih pada akhirnya akan menjadi pertanyaan kembali.

Bagian kedua, Kehidupan Anak-Anak RK. Di sini saya mencoba menuangkan realitas FISIP UAJY dari sisi berbeda. Yaitu, dari sisi teman-teman Ruang Kemahasiswaan (RK). Sebuah ruang yang jarang dilirik sebagai tempat untuk belajar juga. Di RK ini kita belajar membina hubungan pertemanan, di sini kita belajar berorganisasi, dan di sini kita saling mengenal teman.

Di bagian ini saya coba memberikan gambaran bagaimana "ikatan emosional" itu terbentuk di antara penghuni-penghuni RK.

FISIP UAJY yang berusia 17 ternyata masih meninggalkan borok-borok (baca: masalah) yang belum disembuhkan. Nah, yang paling penting apakah kita (sivitas akademika) mau melirik kembali untuk mengobatinya (baca: menyelesaikannya) bersama-sama ataukah tetap berjalan ke depan bersama borok-borok itu?


Hmm, pada akhirnya pembaca adalah jurinya. Interpretasi atas coretan saya bisa bermacam-macam, baik terhadap gambar, teks dan konteksnya. Ada yang menganggapnya guyon waton, ada yang menganggap sebagai sindiran serius, silahkan saja.

Rencananya saya bagikan gratis lewat milis teman-teman FISIP UAJY pada 3 Juli 2008. Jangan khawatir format file-nya pdf dan resolusi rendah koq. Jangan takut bakal kelamaan nge-download. Atau kalau yang belum kebagian bisa minta lewat e-mail saya di hendiva87@ yahoo.com. Ntar saya kirim, I Swear!

Selamat ultah FISIP UAJY yang ke-17 !

Nb: Lihat juga review lembaran-lembaran komiknya di www.hendy.co.nr

Tidak ada komentar: